Huahh! Sensasi Pedasnya Tahu Gejrot Ini Bikin Nagih

 


Suasana di guyur hujan seperti ini pasnya menyantap makanan yang berkuah, gurih dan pedas. Makanan yang bisa menemani kamu di sore hari ini salah satunya Tahu Gejrot.

Tahu gejrot merupakan kudapan khas daerah Cirebon yang diminati di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas.

Tahu gejrot ini berbahan dasar tahu goreng kopong yang dipotong kecil- kecil lalu disiram dengan kuah berwarna coklat yang terbuat dari gula merah. Cita rasa tahu gejrot ini semakin khas dan unik ketika tahu gejrot disajikan di atas piring gerabah dengan diberi bumbu ulek di atasnya.

Pedagang umumnya memakai dua piring kecil (pisin) yang terbuat dari tanah liat untuk membuat tahu gejrot. Pisin pertama berisi potongan tahu goreng. Pisin kedua biasanya dipakai untuk mengulek semua bumbu yang ada, terdiri dari bawang merah, cabe rawit, garam, bawang putih kemudian ditambahkan air gula merah. Lalu pisin kedua ditumpahkan pada pisin pertama.

Tahu gejrot bertambah unik ketika penyajiannya dengan memakai piring kecil dari tembikar, jadi kesan tradisional makin mencolok. Apalagi, menyantapnya tidak menggunakan sendok.

Cukup dengan lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengambil potongan tahu yang disirami air gula merah berbumbu ini.

Tahu gejrot identik dengan rasa pedas dan aroma dari bawangnya yang masih mentah.


Komentar