Mengenal Jajanan Tradisional Surabi Khas Jawa Barat

 

serabi

Sama seperti makanan tradisional lainnya, Serabi atau dikenal juga dengan Surabi ini memiliki rasa tersendiri. Mau tahu seperti apa tentang  kelezatan serabi tersebut? Mari kita simak berikut ini!

Surabi adalah kue yang dibuat dari pembuatan tepung, telur, dan santan. Adonan tersebut kemudian dimasak di wajan keramik di atas arang atau api. Bentuknya bulat, mengikuti dasar wajan. Surabi disajikan bersama kinca, yakni campuran santan dan gula merah.

Sekarang ini serabi bukan hanya jajan pasar semata. Tapi surabi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Banyak orang yang menyukainya, surabi juga bisa tampil modern dengan berbagai toping pilihan tetapi tidak meninggalkan nilai kuliner tradisionalnya.

 proses pemanggangan serabi

Surabi memiliki bentuk yang mirip dengan pancake namun lebih kecil dan tebal. Surabi umumnya terbuat dari tepung beras atau terigu. Jika pancake punya saus dengan berbagai pilihan rasa, kue serabi juga memiliki kuah atau saus yang terbuat dari gula jawa sesuai dengan cita rasa nusantara, bahkan serabi kini banyak disajikan dengan mayonaise

Proses pematangan serabi dengan cara dipanggang. Wadah yang digunakan pun adalah wadah gerabah atau wajan. Pengaturan api yang cukup akan membuat serat serabi terbentuk lebih bagus. Serat serabi terbentuk dari lamanya pemanggangan.



Komentar