Gado-Gado, Makanan Khas Dari Berbagai Daerah Sangat Diminati Semua Orang

 


Siapa yang tidak tahu gado-gado? Makanan lezat dan sehat yang satu ini, sudah sangat populer ke seluruh pelosok Indonesia. Bahkan orang-orang asing pun, banyak yang menyukai makanan khas betawi yang satu ini. Mereka menjuluki gado-gado sebagai Indonesian Salad.

Tahukah kamu tentang asal-usul gado-gado? Sebagian besar orang hanya tahu kalau makanan ini merupakan makanan khas Betawi. Karena memang asal usul gado-gado terbilang misterius. 

Meski asal-usulnya belum diketahui secara pasti, setidaknya kini kamu paham bahwa ada berbagai versi terkait gado-gado berasal dari mana. Tidak usah bingung, dari mana pun aslinya, gado-gado kini jadi makanan Indonesia yang tersohor. 

Bergantung pada versinya, salad mungkin termasuk kacang panjang, tauge, bayam, kentang, jagung, labu siam, labu pahit, dan kubis. Protein termasuk tempe, tahu dan telur rebus. Gado-gado ini disajikan dengan bumbu kacang pedas dan kadang-kadang juga diberi taburan krupuk atau emping, serta bawang goreng.

Gado-gado boleh dimakan begitu saja seperti salad dengan rempah/saus kacang, atau bisa juga dimakan dengan nasi putih atau lontong.

Untuk membuat makanan ini sebenarnya tidaklah rumit karena cara memasak yang sederhana dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya mudah untuk didapatkan di toko-toko di sekitar rumah kita. Contohnya saja sayur-sayuran yang bisa dengan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional atau minimarket.

 

 


Komentar